Kamis, April 28

makanan-khas-lebaran-palembang
Makanan Khas Lebaran di Palembang (indahladya.com) 

Setelah sekian lama melaksanakan ibadah puasa jauh dari rumah, akhirnya hari ini aku diberikan kesempatan untuk kumpul kembali bersama keluarga menjelang hari lebaran. Dengan suasana yang tidak berbeda dari masa-masa akhir bulan Ramadhan di tahun sebelumnya.

Makanan Khas Lebaran yang Bikin Kangen Kampung Halaman

Pada masa-masa akhir bulan suci Ramadhan ini, tentu saja saat-saat lebaran menjadi suatu hal yang ditunggu-tunggu. Kebersamaan untuk saling memaafkan dan berkumpul bersama keluarga besar akan menjadi penutup bulan suci Ramadhan tahun ini.

Sejak tinggal jauh dari rumah, suasana bulan Ramadhan memang langsung mengingatkanku akan beberapa hal yang biasanya dilakukan ketika menjalankan ibadah puasa di rumah. Tak terlupa dengan beberapa hidangan khas kampung halamanku yang membuatku semakin tidak sabar untuk bisa kembali merayakan lebaran bersama di rumah.

Makanan Khas Lebaran di Palembang

Ketika kamu tahu bahwa kampung halamanku adalah Palembang, tentu saja satu makanan khas lebaran yang paling terkenal adalah mpek-mpek.

Baca Juga: Sanjo, Kegiatan Khas Lebaran di Kota Palembang

Yap, siapa sih yang nggak tahu mpek-mpek? Ketika aku berkata bahwa aku berasal dari Palembang, nyaris semua orang yang aku temui di tanah rantauku akan menjawab “oh Palembang, yang ada mpek-mpek itu ya?”

Eits, tapi jangan salah, makanan khas lebaran dari kota Palembang nyatanya tidak hanya mpek-mpek saja. Yuk simak beberapa makanan khas lebaran lainnya dari kota Palembang berikut ini!

makanan-khas-palembang
Makanan Khas Palembang (indahladya.com)

1. Pempek

Nah, untuk makanan khas lebaran di Palembang yang pertama aku masih mau mention makanan fenomal yang satu ini dulu ya! Hihi. Pempek atau yang biasa dikenal dengan mpek-mpek adalah makanan olahan ikan yang biasanya disajikan bersama cuka yang pedas. Kalau kata orang Palembang sih, belum afdol lebarannya kalau belum menyajikan mpek-mpek. Yang orang Palembang di sini pada setuju nggak nih? Hihi.

2. Tekwan

Next, masih dari olahan ikan. Tekwan, merupakan salah satu makanan olahan ikan lainnya yang disajikan bersama kuah yang berbumbu. Yang membedakan tekwan dan mpek-mpek adalah teksturnya.

Untuk membuat tekwan, kamu memerlukan putih telur sehingga tekwan yang dihasilkan akan lebih kenyal, sehingga dapat disajikan dalam potongan-potongan kecil bersama kuah berbumbu yang telah disiapkan.

3. Lakso

Makanan khas lebaran di Palembang selanjutnya yaitu lakso. Nah, untuk makanan khas yang satu ini mungkin belum sepopuler mpek-mpek ataupun tekwan. Tapi, aku yakin beberapa orang di sini pasti pernah mendengar nama makanannya.

Lakso adalah hidangan khas Palembang yang berbentuk mie berwarna putih yang dibuat dari tepung beras. Lakso biasanya disajikan dengan kuah santan berwarna kuning yang sudah diolah bersama daging ikan sehingga menjadi terasa lebih gurih saat disantap.

4. Burgo

Makanan khas lebaran di Palembang selanjutnya yaitu Burgo. Nah, ini biasanya beberapa orang suka ketuker nih antara lakso dan burgo. Meskipun sama-sama terbuat dari tepung beras, namun burgo berbentuk gulungan tipis dari tepung beras yang disajikan bersama kuah santan berwarna putih. Hal ini tentu saja berbeda dengan lakso yang disajikan bersama kuah berwarna kuning.

5. Celimpungan

Last but not least, makanan khas lebaran di Palembang selanjutnya yaitu celimpungan. Nah, siapa yang udah pada tahu sama makanan satu ini? Yuk, cung tangannya! Hihi.

Berbeda dengan beberapa jenis makanan khas lebaran yang sudah disebutkan di atas, celimpungan adalah makanan olahan ikan yang berbentuk seperti bulatan tekwan namun berukuran lebih besar.

Hal lain yang membedakan celimpungan dengan tekwan adalah jika tekwan disajikan dengan kuah bening yang berbumbu, maka celimpungan ini disajikan dengan kuah santan berwarna kuning. Wah, jadi mirip-mirip sama lakso tadi ya? Hihi.

Nah, itu dia beberapa makanan khas lebaran di Palembang. Jadi, nggak melulu tentang mpek-mpek ya! Hihi, kalau kamu paling kangen sama makanan khas lebaran yang mana nih? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar!


Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates