Kamis, April 14

Menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini, seluruh umat Islam dari berbagai belahan dunia berusaha untuk mempersiapkannya sebaik mungkin. Ada sebagian yang berkumpul bersama anggota keluarga lengkapnya, dan ada yang masih memiliki kepentingan sehingga harus melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini jauh dari rumah.

Seperti halnya yang aku alami saat ini, meskipun telah berhasil menyelesaikan masa studiku, namun aku masih memiliki beberapa kepentingan yang mengharuskanku menetap di luar kota untuk beberapa waktu.

Balada Anak Kos saat Menyambut Puasa Ramadhan Pertama

Meskipun jauh dari rumah, tentunya hal ini tidak boleh menyurutkan semangatku untuk menyambut bulan penuh ampunan ini bukan? Nah, sebagai pengalaman yang ke sekian kalinya untuk menyambut puasa pertama di bulan Ramadhan jauh dari rumah, kira-kira apa aja yaa yang bakal aku persiapkan? Yuk, simak sampai akhir yaa!

Menu Favorit saat Ramadhan ala Anak Kos

Anak kos biasanya identik dengan makanan-makanan simpel, yang penting bisa ganjel perut, iya apa iya nih? Nah, karena ini udah bukan kali pertama lagi untuk menjadi anak kos, tentunya aku punya rekomendasi menu favorit saat Ramadhan yang bisa kamu coba sebagai anak kos loh!

1. Olahan Telur

Rekomendasi menu favorit saat Ramadhan yang pertama yaitu olahan telur. Wah, kayaknya telur ini sudah menjadi menu andalan anak kos banget ya? Di kala bingung nggak tahu mau masak apa, telur bakal jadi penyelamat utamanya nih.

Nggak melulu tentang telur ceplok, kamu juga bisa mengkreasikan aneka olahan telur lainnya mulai dari telur dadar, semur telur, telur orak-arik, telur sambal, atau bahkan omelet mie yang memadukan antara telur dan mie sehingga nggak bosen dengan olahan telur yang begitu-gitu aja.

2. Tahu dan Tempe Goreng

Next, menu favorit saat Ramadhan selanjutnya yaitu tahu dan tempe goreng. Nah, setelah tadi udah ngebahas menu andalan pertama ala anak kos, biasanya tahu dan tempe nggak kalah populer dari aneka olahan telur tadi loh.

Dikarenakan cara pengolahannya yang tergolong mudah, olahan tahu dan telur ini pun bisa menjadi menu favorit saat Ramadhan ala anak kos. Selain digoreng, tentunya kamu juga bisa mengkreasikan tahu dan telur ini menjadi olahan sambal atau ditumis dengan beberapa bumbu dapur lainnya sehingga lebih menggugah selera. Tertarik untuk mencobanya?

3. Tumis Kangkung

Beralih dari olahan goreng-gorengan, kamu juga pastinya membutuhkan sayur untuk melengkapi menu favorit saat Ramadhan tahun ini. Nah, kalau aku sih lebih memilih sayur-sayuran yang gampang diolah namun tetap enak untuk dimakan bersama makanan pendamping lainnya seperti tahu, tempe, atau bahkan telur tadi.

Tumis kangkung, yap, menurutku cara mengolah kangkung ini sudah termasuk paling sederhana, di mana kita cukup menumis bawang merah, bawang putih, cabai serta beberapa bumbu dapur, kemudian tinggal ditambahkan air secukupnya dan kangkung ke dalam tumisan tersebut. Nah, simpel banget kan?

4. Sarden Pedas Manis

Kalau udah bosan dengan menu yang itu-itu aja, kita bisa upgrade ke menu ikan-ikanan nih. Sayangnya, beberapa anak kos, contohnya aku, itu belum terlalu paham dengan cara mengolah ikan yang benar itu seperti apa. Jadi, penyelamat utamanya tentu saja sarden kaleng, hihi.

Hal yang aku suka dari sarden kaleng ini adalah pada bagian kemasannya biasanya sudah tercantum level kepedasan yang kalian ingingkan. Misalkan ada yang lebih suka dengan rasa tomat saja, atau ada yang ingin sedikit lebih pedas, atau bahkan ada yang ingin ekstra pedas.

Nah, semua level kepedasan tersebut tinggal kamu koreksi rasanya dengan bumbu dapur dan irisan sambal ketika mengolah sarden kalengnya. Praktis banget kan?

5. Frozen Food

Last but not least, menu favorit saat Ramadhan yang satu ini sepertinya udah nggak perlu diragukan lagi. Yap, frozen food.

Mulai dari olahan ayam, nugget, atau bahkan sosis bisa menjadi menu andalan selama Ramadhan ala anak kos. Apalagi untuk menu saat sahur nih, wah lagi ngantuk-ngantuk gitu emang lebih enak cari yang praktis aja ngga sih? Hihi.

Nah, itu dia beberapa menu favorit saat Ramadhan yang bisa kamu coba selama menjadi anak kos. Kamu punya rekomendasi menu andalan lainnya nggak nih? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates