Selasa, April 12

Setelah berpisah setahun lamanya dengan bulan Ramadhan tahun lalu, akhirnya kita dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan tahun ini. Nah, bagi yang memiliki kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga tahun ini, udah pada punya ide kegiatan Ramadhan seru bareng keluarga belum nih?

Ide Kegiatan Ramadhan Seru Bersama Keluarga

Bulan Ramadhan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu untuk berkumpul bersama keluarga, suasana mempersiapkan sahur pertama di bulan Ramadhan, hingga berbuka puasa bersama keluarga.

Namun, jangan sampai bulan Ramadhan ini terlewati dengan begitu saja ya, yuk persiapkan ide kegiatan Ramadhan seru bersama keluargamu!

Menyelesaikan Tantangan 30 Hari

Ide kegiatan Ramadhan seru yang pertama adalah menyelesaikan tantangan 30 hari. Selama bulan Ramadhan ini, ada banyak pahala yang akan kita dapatkan ketika beribadah selama 30 hari lamanya.

Nah, hal ini pas banget nih untuk melatih konsistensimu dalam beribadah bersama keluarga dengan membuat list tantangan 30 hari untuk beribadah di bulan Ramadhan.

“Apa aja sih isi tantangannya?”

Kamu bisa mengisi list tantangan tersebut dengan banyak hal, mulai dari puasa, infaq dan sadaqah, tilawah al-quran, serta sholat-sholat sunah seperti sholat tarawih, duha, atau bahkan tahajud.

Nah, dengan mencoba menyelesaikan tantangan 30 hari bersama keluarga ini, kamu akan melatih konsistensimu dalam beribadah dan tentunya melatih kedisiplinan itu sendiri. Jadi, udah tertarik memulai tantangannya belum nih?

Memasak Menu Berbuka Puasa Bersama

Memasak menu berbuka puasa bersama keluarga nampaknya memang menjadi ide kegiatan Ramadhan seru yang bisa kamu coba selanjutnya nih. Momen berbuka puasa biasanya menjadi hal yang ditunggu-tunggu untuk berkumpul kembali bersama keluarga setelah beraktivitas di luar rumah.

Mempersiapkan takjil dan makanan-makanan ringan lainnya nampaknya akan memperkuat bonding antar anggota keluargamu, dan tentunya jadi makin seru karena bisa diisi dengan cerita melepas penat setelah seharian di luar rumah.

Membersihkan Rumah Bersama Keluarga

Next, ide kegiatan Ramadhan seru selanjutnya yaitu membersihkan rumah bersama keluarga.

“Loh, memangnya nggak cuma pas menjelang lebaran saja toh?”

Sebagian dari kita mungkin berpikir bahwa bersih-bersih rumah bersama keluarga ini biasanya hanya dilakukan menjelang lebaran saja, alias di detik-detik akhir Ramadhan. Hmm, nyatanya nggak selalu begitu loh.

Terkadang bersih-bersih rumah secara ringan seusai berbuka puasa bersama pun bisa dilakukan bersama keluarga. Toh, selagi masih bisa dilakukan bersama-sama, kenapa tidak, bukan?

Menonton Film Favorit

Bagi beberapa keluarga yang memang memiliki hobi menonton film bersama, sepertinya ide kegiatan Ramadhan seru berikut ini wajib kamu coba. Apalagi jika kamu dan keluargamu sama-sama memiliki taste film yang sama, sehingga nggak perlu bingung ketika memilih film apa yang ingin ditonton bersama untuk mengisi waktu luang di bulan Ramadhan tahun ini. Tertarik untuk mencobanya nggak nih?

Menjadwalkan Berbuka Puasa di Luar Rumah

Meskipun mungkin berbuka puasa biasanya lebih nyaman ketika dilakukan di rumah saja, nggak ada salahnya loh untuk sesekali menjadwalkan waktu berbuka puasa di luar rumah. Toh, selain untuk berkumpul bersama keluarga, momen ini juga bisa membuat kamu dan keluargamu me-refresh diri dengan mengganti suasana berbuka puasa yang berbeda.

Nah, itu dia beberapa ide kegiatan Ramadhan seru yang bisa kamu coba terapkan bersama keluarga di rumah. Kira-kira ide yang mana duluan nih yang bakal kamu coba? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates