Sabtu, Januari 8

Fitur pada Google Search Console
Fitur pada Google Search Console (indahladya.com)

Sebagai seorang blogger, kita tentunya perlu untuk mengetahui performa blog yang kita punya secara keseluruhan, bukan? Nah, ternyata selain melihat melalui dashboard blogger itu sendiri, kita juga bisa memantau blog yang kita punya melalui sebuah tools yang bernama Google Search Console.

Apa itu Google Search Console?

Sebelum berbincang lebih jauh, temen-temen di sini udah pada tahu belum sih sama Google Search Console itu sendiri?

Google Search Console adalah sebuah tools gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu temen-temen blogger memantau performa dan kehadiran situs blog pada halaman penelusuran Google.

Jadi, temen-temen akan sangat terbantu dengan beberapa fitur pada Google Search Console untuk mengembangkan blog yang temen-temen punya. Penasaran sama fitur-fiturnya? Yuk, capcus kita bahas satu per satu ya!

Mengenal Fitur pada Google Search Console

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, Google Search Console ini memiliki banyak fitur, di antaranya Overview, Performance, URL Inspection, Index, Experience, Security and Manual Actions, serta Legacy Tools and Reports.

Wah banyak banget ya?!

Tenang, jangan buru-buru kaget dulu. Karena sebagai blogger pemula, aku pun gak bisa langsung mengenali semua fitur ini sekaligus. So, sesuai dengan judul artikel ini, kita bakal pelan-pelan mengenali fitur-fitur pada Google Search Console yang sering digunakan bagi para blogger pemula. Udah siaap? Let’s go!

1. Overview

Overview Google Search Console
Overview Google Search Console (indahladya.com)

Tab paling atas yang bisa kalian lihat pada bagian kiri Google Search Console adalah “Overview”. Pada bagian ini, kita akan disuguhkan dengan informasi-informasi secara umum dari fitur-fitur yang disediakan pada Google Search Console ini sendiri, seperti Performance, Coverage, Experiene, dan Enhancements.

2. Peformance

Fitur Performance
Fitur Performance (indahladya.com)

Nah, kalau tab Overview lebih memperlihatkan performa blog kita secara umum, maka pada bagian Performance, kita akan mengetahui performa blog kita secara lebih detail.

  • Total Clicks, untuk mengetahui berapa kali pengunjung meng-klik blog yang kita punya pada halaman pencarian Google.
  • Total Impressions, untuk mengetahui berapa kali pengunjung melihat blog yang kita punya pada halaman pencarian Google, meskipun belum melakukan klik pada artikel blog itu sendiri.
  • Average CTR, untuk mengetahui persentase pembagian Total Clicks dibagi dengan Total Impressions.
  • Average Positions, untuk mengetahui posisi artikel blog kita pada halaman pencarian Google.

Nggak cuma sampai disitu, pada tab Performance ini juga kita bisa memanfaatkan beberapa fitur lainnya seperti Queries, Pages, Countries, Devices, dan Dates.

Fitur Queries
Fitur Queries (indahladya.com)

Gimana, udah pada bingung? Eits, jangan pusing dulu ya! Aku bakal coba bahas fitur-fitur bermanfaat ini secara lebih sederhana.

Baca Juga: Belajar jadi Blogger Profesional Bareng ODOP Blogger Squad

Pada menu Queries, kita akan mengetahui keyword yang paling sering mendatangkan organic traffic pada blog yang kita punya. Beberapa Queries ini bisa mendatangkan organic traffic untuk 1 halaman, begitu pula sebaliknya, satu halaman bisa punya banyak Queries pada halaman pencarian google.

Fitur Pages
Fitur Pages (indahladya.com)

That’s why, selain Queries, fitur pada Google Search Console yang juga akan sangat membantu kita untuk mengetahui halaman dengan pageviews terbanyak, yaitu menu Pages. Pada menu Pages ini, kita akan tahu halaman terpopuler di blog kita beserta Total Clicks, Impressions, serta Queries yang mendatangkan organic traffic ke halaman tersebut. Keren banget kan?

Dan beberapa menu lainnya seperti Countries untuk mengetahui negara asal yang berkunjung ke blog kita, Devices untuk mengetahui device yang paling sering digunakan pengunjung blog kita, serta Dates untuk mengetahui Total Clicks dan Impressions per harinya.

3. URL Inspection

Fitur URL Inspection
Fitur URL Inspection (indahladya.com)

Next, kita move ke fitur pada Google Search Console yang berikutnya ya!

Setelah mem-publish artikel pada blog, kita juga bisa melakukan inspeksi url pada artikel yang sudah di-publish tadi loh!

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Harus Punya Blog, Yuk Cari Tahu Alasanmu!

Pada menu URL Inspection, kita bakal tahu nih apakah artikel tersebut sudah masuk ke halaman pencarian Google atau belum. Kalau sudah, maka akan tampil keterangan “URL is on Google”, kalau belum maka akan ada keterangan “URL is not on Google”.

Nah, kalau belum masuk ke halaman pencarian Google, temen-temen blogger gak perlu khawatir karena kamu bisa langsung klik “Request Indexing” agar URL dari artikel yang sudah temen-temen publish bisa segera muncul pada halaman pencarian Google.

4. Index

Next, fitur pada Google Search Console yang akan kita bahas selanjutnya, yaitu Index. Pada tab Index, temen-temen bakal menemukan 3 menu yang ditampilkan dari fitur ini, yaitu Coverage, Sitemaps, dan Removals.

“Wah, fungsi dari menu-menu ini apa aja tuh?”

Oke, kita bahas satu per satu ya!

Coverage

Fitur Coverage
Fitur Coverage (indahladya.com)

Menu yang pertama yaitu Coverage. Jadi, pada menu Coverage ini kita bisa melihat masalah yang perlu diperbaiki dari blog yang kita punya. Masalah ataupun error pada blog kita bisa dilihat dari Errors, Valid with Warnings, Valid, dan Excluded.

Nah, seperti yang bisa dilihat pada gambar, blog yang aku punya pun sempat mengalami beberapa masalah. Namun, temen-temen blogger gak perlu khawatir karena dari menu Coverage ini kita bisa tahu halaman mana aja yang bermasalah sehingga penyelesaian dari masalah ini pun akan lebih cepat teratasi.

Sitemaps

Fitur Sitemaps
Fitur Sitemaps (indahladya.com)

Next, fitur pada Google Search Console selanjutnya yaitu menu Sitemaps. Pada menu Sitemaps ini, kita cukup menginput peta situs dari blog kita dalam format xml. Contohnya, bisa dilihat pada gambar ya!

Removals

Fitur Removals
Fitur Removals (indahladya.com)

Selain itu menginspeksi dan memantau performa blog yang kita punya, temen-temen blogger juga bisa me-remove atau menghapus konten yang pernah di-publish dan sudah masuk ke halaman pencarian Google.

Fitur pada Google Search Console ini mempermudah kita apabila ada halaman sudah terindex oleh Google namun ingin kita take down atau dihapus dari halaman pencarian Google, maka kita bisa langsung membuat permintaan ke Google melalui menu Removals ini.

Nah, kira-kira segitu dulu nih perkenalan kita ke beberapa fitur pada Google Search Console bagi para blogger pemula. Kalau temen-temen punya pengalaman seru ketika menjelajahi fitur pada Google Search Console ini, bisa langsung sharing di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates