Tuesday, August 25

Lebih dari Sekedar Pohon (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Indonesia merupakan negara tropis yang terkenal dengan hutannya. Lebih dari sekedar pohon, hutan merupakan rumah bagi 48,8 juta penduduk Indonesia yang tinggal di kawasan hutan dan rumah bagi keanekaragaman spesies flora dan fauna.

Suatu bukti bahwa hutan tak butuh manusia adalah kenyataan pahit yang sulit untuk diterima oleh manusia itu sendiri. Pada kenyatannya, hutan memang tak pernah membutuhkan manusia, namun manusia yang membutuhkan hutan.

Keanekaragaman Hayati Hutan

Keanekaragaman Hayati Hutan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Indonesia menduduki tempat pertama didunia dalam kekayaan jenis mamalia (515 jenis, 36% diantaranya endemik), menduduki tempat pertama juga dalam kekayaan jenis kupu-kupu swallowtail (121 jenis, 44% di antaranya endemik), menduduki tempat ketiga dalam kekayaan jenis reptil (lebih dari 600 jenis), menduduki tempat keempat dalam kekayaan jenis burung (1519 jenis, 28% diantaranya endemik), menduduki tempat kelima dalam kekayaan jenis amfibi (lebih dari 270 jenis) dan menduduki tempat ketujuh dalam kekayaan flora berbunga.

Keanekaragaman hayati Indonesia merupakan sumber daya yang penting bagi pembangunan nasional. Sebagian besar sektor perekonomian nasional bahkan bergantung secara langsung ataupun tak langsung terhadap keanekaragaman flora dan fauna, dan juga ekosistem alaminya.

Namun, seringkali pertumbuhan dan perkembangan ekonomi nasional inilah yang seakan menggerus keutuhan hutan, bahkan menggerus habis ekosistem di dalamnya.

Untuk itulah, sebagai manusia yang memahami akan pentingnya peranan keanekaragaman hayati di dalam hutan, seharusnya kita sadar bahwa pertumbuhan dan perkembangan negara ini tidak boleh sampai merusak hutan dan keseluruhan ekosistem di dalamnya.

Hutan dengan Segala Manfaatnya

Sebagai paru-paru dunia, hutan berperan penting dalam seluruh aspek kehidupan manusia. Namun, tak hanya manusia, lingkungan pun terkena dampak baik dari eksistensi hutan ini tersendiri.

Manfaat dan Peranan Hutan  (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Manfaat Hutan Bagi Manusia :

  • Penyedia oksigen bagi manusia
Sudah tidak asing lagi bukan? Proses fotosintesis dari tumbuhan hijau merupakan salah satu penghasil oksigen. Tumbuhan hijau ini berperan dalam membersihkan polusi udara dengan cara mengganti CO2 menjadi O2 yang saat ini dihirup oleh berjuta-juta manusia di bumi.

  • Sumber obat-obatan

Sebagai seorang farmasis, saya paham betul bahwa tumbuhan-tumbuhan yang ada di hutan ini memiliki manfaat tersendiri di bidang kesehatan. Sebagai acuan dari pengembangan ilmu farmasi saat ini, tentunya tumbuhan-tumbuhan di hutan memiliki peran penting dalam proses penemuan obat baru di setiap masanya.

  • Dasar dari rantai makanan

Tentunya kita tidak lupa bahwa hutan yang menyediakan berbagai jenis pepohonan dan tumbuhan yang merupakan dasar dari rantai makanan. Sebagaimana jenis-jenis sayuran yang pada akhirnya menjadi bahan pangan untuk dikonsumsi oleh manusia, pepohonan dan tumbuhan ini pun bisa menjadi sumber makanan bagi para hewan yang hidup di dalam hutan, yang pada akhirnya hewan-hewan inilah yang akan menjadi bahan pangan untuk dikonsumsi oleh manusia. See? Manusia memang sebutuh itu dengan hutan dan segala ekosistem di dalamnya.

Manfaat Hutan Bagi Lingkungan :

  • Rumah bagi flora dan fauna

Hutan merupakan rumah bagi berbagai jenis flora dan fauna yang hidup di dalamnya. Hal inilah yang menunjukkan bahwa hutan dapat berperan sebagai ekosistem yang dapat bermanfaat dalam menjaga keseimbangan populasi flora dan fauna.

  • Berperan dalam keseimbangan cuaca regional

Panasnya bumi saat ini seolah semakin menjadi-jadi seiring dengan meningkatnya suhu bumi sebagai efek dari pemanasan global, terutama di wilayah perkotaan. Namun, hadirnya hutan kota dapat berpengaruh terhadap temperatur udara dari lingkungan di sekitarnya sehingga dapat berpengaruh pula terhadap keseimbangan cuaca regional.

Mengapa Kita Harus Jaga Hutan?

Wah, rasanya sudah sangat jelas bagaimana manfaat dan peranan hutan yang sangat menunjang berbagai aktivitas manusia. Namun, tidak hanya itu yang menjadikan alasan mengapa kita harus menjaga hutan. Dikutip dari ilmugeografi.com, dengan luas hutan mencapai 884.950 km2, Indonesia berada diurutan ke-9 negara dengan hutan terluas di dunia. Sayangnya, hutan-hutan di Indonesia saat ini mulai terkikis dikarenakan beberapa kasus karhutla yang kita hadapi beberapa tahun silam.

Apabila tidak ada langkah progresif dari manusia itu tersendiri, maka lambat laun manfaat dan peranan hutan yang kian kita rasakan saat ini perlahan akan hilang begitu saja ditelan masa. Oleh karena itu, beberapa upaya di bawah ini dapat mendukung kita dalam mencegah tergerusnya keutuhan hutan saat ini. Yuk, kita simak!

  • Mengganti tisu dengan sapu tangan
Mengganti Tisu dengan Sapu Tangan (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Tisu merupakan salah satu hasil dari kayu pepohonan yang hidup di hutan. Dengan mengganti tisu dengan sapu tangan, tentunya kamu sudah ikut serta dalam menjaga keberlangsungan hidup hutan dan segala ekosistem di dalamnya.

  • Bergabung dengan komunitas pecinta lingkungan
Bergabung dengan Komunitas Pecinta Lingkungan  (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Bergabung dengan kumpulan orang yang memiliki visi dan misi yang sama denganmu tentunya akan memudahkan dalam mewujudkan visi dan misi itu tersendiri. Dengan menanamkan rasa cinta hutan dan lingkungan, kita bisa ikut serta dalam berbagai komunitas yang mendukung program untuk menyuarakan aksi peduli lingkungan

  • Ikut kampanye dan menyebarkan berita baik tentang hutan
Menyebarkan Berita Baik tentang Hutan  (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Sebagai seorang blogger, saya memiliki rasa tanggung jawab untuk menjaga hutan dengan cara ikut serta dalam menyebarkan berita baik tentang hutan. Namun, tidak hanya seorang blogger, siapapun bisa ikut serta dalam hal ini, se-simpel berbagi cerita peduli lingkungan di berbagai media sosial yang kamu punya.

  • Ikut berdonasi
Berdonasi  (sumber gambar: dokumentasi pribadi indahladya.com)

Program donasi ini seringkali menjadi salah satu program unggulan dari beberapa komunitas pecinta lingkungan. Kamu bisa ikut berdonasi untuk mendukung komunitas ini dalam menjaga hutan dan lingkungan. Dengan begitu, secara tidak langsung, kamu sudah ikut serta dalam gerakan #JagaHutan.

Hari Hutan Indonesia

Hari Hutan Indonesia (sumber gambar: harihutan.id)

Untuk pertama kalinya, Indonesia merayakan Hari Hutan Indonesia yang jatuh pada tanggal 7 Agustus 2020. Sebagai bentuk peduli dari para penggiat lingkungan masa kini, Festival Hari Hutan Indonesia dilaksanakan dengan acara pemutaran video, talkshow, dan masih banyak lagi. Kamu bisa membaca selengkapnya di website harihutan.id atau menyaksikan video nya di channel youtube Hutan Itu Indonesia.

Berbagai artis tanah air ikut serta dalam perayaaan Hari Hutan Indonesia sebagai sukarelawan pendukung Hari Hutan Indonesia. Hari Hutan Indonesia diharapkan dapat menjadi pengingat yang periodikal bahwa manusia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan hutan.

Selain acara yang ditampilkan, Hari Hutan Indonesia juga menyediakan program berdonasi sebagai wujud peduli masyarakat terhadap gerakan #JagaHutan. Program donasi ini diharapkan dapat mengapresiasi para penjaga hutan yang selama ini telah berperan besar dalam mempertahankan keutuhan hutan itu tersendiri.

“Bentuk kesadaran dan menjadikannya bagian dari kebiasaan atau cara pandang bukan hal yang mudah, butuh pemahaman yang kemudian akan memotivasi, dan butuh pengingat yang secara periodikal membangunkan ingatan kita. Hingga akhirnya kesadaran itu menetap dalam diri kita dan menjadi bagian dari diri kita. Untuk itulah kita merayakan Hari Hutan Indonesia.”
(sumber: youtube hutan itu indonesia)

Rayakan Hari Hutan Indonesia dengan Adopsi Hutan

Adopsi Hutan di kitabisa.com (sumber gambar: kitabisa.com)

Adopsi Hutan adalah gerakan gotong royong menjaga hutan yang masih ada, mulai dari pohon tegaknya, hewannya, flora eksotisnya, serta keanekaragaman hayati lain di dalamnya.

Sebagai kaum milenial, saya sadar bahwa isu hutan saat ini perlu memiliki perhatian khusus dari kita semua, para pengguna Hutan Indonesia. Gerakan Adopsi Hutan ini memungkinkan seluruh masyarakat dapat terhubung langsung dengan ekosistem hutan.

Terkhusus bagi masyarakat perkotaan yang seringkali bertanya-tanya, “bisa nggak ya saya ikut #JagaHutan? Kan saya tinggal di kota yang jauh dari perhutanan.”. Tentu bisa! Kamu bisa berdonasi di kitabisa.com untuk berpartisipasi dalam gerakan gotong royong melestarikan hutan melalui program Adopsi Hutan ini.

Lewat gerakan Adopsi Hutan, tentunya kita sudah memulai hal kecil dalam berkontribusi untuk menjaga keberlangsungan dan keutuhan hutan dan segala ekosistem di dalamnya sebagai warisan bagi anak cucu kita kelak. Semangat untuk berbuat baik!

 

Referensi :

Website Hari Hutan, https://harihutan.id/

Website Hutan itu Indonesia, https://hutanitu.id/

Ariktel ilmugeografi.com, https://ilmugeografi.com/ilmu-bumi/hutan/hutan-terluas-di-dunia

Artikel rimbakita.com, https://rimbakita.com/manfaat-hutan/

Youtube Hari Hutan Indonesia, https://www.youtube.com/watch?v=fsv-xw6oKZ8&t=4719s

 

Salam Lestari,

IndahLadya

 

#HariHutanIndonesia

#HutanKitaJuara

#AdopsiHutan

#HIIXBPN

#BlogCompetitionSeries

 

Baca juga :

Hutan Sumatera dengan Segala Keindahannya

Karhutla Sudah di Depan Mata

4 comments:

  1. Semoga kita makin kompak ya bersatu menjaga hutan agar tetap lestari hingga anak cucu kelak bisa menikmatinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. i hope so, semoga hutan ini bisa jadi warisan terindah, terimakasih sebelumnya sudah baca artikel saya mbak

      Delete
  2. tulisannya bagus mba, jangan lupa mampir juga di blog aku ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas, terima kasih sudah berkunjung :)

      Delete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates