Saturday, August 14

Casablanca Halal Mist
Casablanca Halal Mist (indahladya.com)

Berbagai hal yang sering kita jumpai saat ini seperti bank berbasis syariah, pakaian syar’i, bahkan restoran berlogo halal. Bukankah hal ini telah cukup menjelaskan betapa pesatnya peningkatan awareness masyarakat Indonesia terhadap gaya hidup halal?

Sebagai contoh kecilnya mungkin saat ini sebelum membeli makanan kemasan apapun, kita terbiasa untuk melihat logo halalnya terlebih dahulu. Bahkan untuk beberapa makanan impor yang pastinya menjadi perhatian lebih khusus bagi umat muslim yang telah diwajibkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang halal.

Aku pun termasuk salah satu konsumen yang sangat merasakan peningkatan awareness terhadap gaya hidup halal yang mulai menjadi main lifestyle-ku di kehidupan sehari-hari. Selain perihal logo halal pada makanan kemasan, kini gaya fashionku saat ini pun sedikit banyaknya ter-influence dari industri halal fashion masa kini.

Di mana industri-industri halal saat ini mulai memberikan peran yang besar dalam perkembangan dunia industri masa kini. Mulai dari industri perfilman Indonesia yang kerap menampilkan aktris dengan halal fashion, bahkan beberapa influencer di berbagai media sosial yang juga tengah menjadikan halal fashion sebagai bagian dari main lifestyle-nya saat ini.

Nah, kira-kira kamu tahu nggak sih sejak kapan industri halal ini mulai menjadi perhatian khusus bagi masyarakat dunia, terutama Indonesia? Apa benar ini ada hubungannya dengan peningkatan jumlah penduduk muslim dunia?

Industri Halal Zaman Now

Industri Halal Dunia
Industri Halal Dunia (indahladya.com)

Sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia saat ini telah menjadi salah satu pelopor gaya hidup halal masyarakat masa kini.

Tidak bisa dipungkiri, jika mulanya berbagai hal dengan sertifikasi halal mungkin tidak begitu menjadi perhatian utama masyarakat, kini justru menjadi hal utama yang dipertimbangkan oleh masyarakat dunia, terutama Indonesia.

Saat ini, Indonesia masih menjadi pasar dan konsumen terbesar dunia. Jadi, nggak heran dong kalau perkembangan industri halal di Indonesia saat ini cukup menunjukkan peningkatan yang signifikan.

Hal ini diiringi dengan peningkatan jumlah penduduk muslim di Indonesia, yang mulanya pada tahun 2019 berjumlah 205.266.773 jiwa atau sekitar 87,18% dari total penduduk Indonesia, meningkat pada tahun 2010 dengan jumlah penduduk muslim Indonesia mencapai 207.176.162 jiwa atau sekitar 88,22% dari total penduduk Indonesia (Badan Pusat Statistik).

Dengan jumlah penduduk muslim yang besar tersebut, tentunya dapat meningkatkan peluang pangsa pasar dalam mengembangkan industri halal di Indonesia ini sendiri, baik industri halal food, halal fashion, halal travel, halal cosmetics and pharmecuticals, halal finance, bahkan halal media and recreation.

Nah, kamu juga perlu tahu nih bahwa saat ini menurut Glocbal Islamic Economic Report, Indonesia menempati urutan ke-10 dalam sektor keuangan Islam, urutan ke-4 dalam sektor halal travel, bahkan urutan ke-8 dalam sektor halal cosmetics and pharmaceuticals.

Dan beberapa sektor industri halal lainnya juga masih diperkirakan dapat meningkat sesuai dengan antusiasme masyarakat Indonesia terhadap sektor-sektor tersebut.

Industri Perfilman, Halal dari Segi Output dan Progress

Industri Halal Perfilman
Industri Halal Perfilman (indahladya.com)

Salah satu sektor dalam industri halal Indonesia yang cukup menarik perhatianku saat ini yaitu industri perfilman, yang termasuk dari industri halal media and recreation. Dulu sebelum tahu proses pembuatan film-film berbasis syariah ini, yang menjadi perhatianku hanyalah output yang dihasilkan dari film-film ini sendiri.

Output di sini maksudnya seperti nilai-nilai kebaikan yang diberikan dalam basis syariah, influence terhadap halal relationship dalam alur ceritanya, bahkan beberapa contoh penerapan halal lifestyle dari setiap plot dalam film yang ditayangkan.

Namun, ternyata proses pembuatan film-film berbasis syariah ini juga mengedepankan kehalalan selama proses acting-nya. Aktor dan aktris yang memiliki peran suami istri biasanya juga merupakan mahram di dunia nyata, baik sebagai suami istri atau bahkan memiliki hubungan darah seperti adik dan kakak kandung.

Jujur saja aku merasa sangat takjub dengan peraturan yang diterapkan di hampir semua industri halal media and recreation ini. Bukan tanpa alasan, hal ini ditujukan untuk menghindari hal-hal yang dilarang agama, seperti kontak fisik lawan jenis selama proses pembuatan film tersebut, yang mana jika peran suami istri biasanya memerlukan beberapa adegan yang mengharuskan mereka bersentuhan fisik, seperti contohnya ketika harus bersalaman dalam suatu adegan film.

Teladan Cinema

Nah, salah satu industri halal media and recreation yang aku tahu yaitu Teladan Cinema. Berbagai film-film berkualitas yang tentunya berbasis syariah telah ditayangkan dari Teladan Cinema ini sendiri. Salah satu film hasil Teladan Cinema ini yaitu Sisterlillah The Movie. Nah, siapa sih yang nggak tahu sama film yang satu ini kan? Diperankan oleh 3 kakak beradik yaitu Oki Setiana Dewi, Shindy Putri, dan Ria Ricis dengan tema impian, cinta, dan juga keluarga membuat film ini sukses menjadi pilihan masyarakat Indonesia.

Selain itu, Teladan Cinema juga kerap mengeluarkan beberapa film pendek inspiratif seperti yang berjudul “Belum Mapan”, “Sehidup Sesurga”, dan “Taaruf”. Yang pastinya setiap alur cerita yang ditawarkan selalu menghadirkan nilai kebaikan di dalamnya.

Nah, selain dari film Sisterlillah the movie yang telah ditayangkan oleh Teladan Cinema beserta beberapa film pendek inspiratif lainnya, kali ini Teladan Cinema juga akan mulai mengeluarkan film dan webseries terbaru mereka, yaitu Cinta yang Halal dan Webseries Menghalalkanmu.

Teladan Cinema
Teladan Cinema (indahladya.com)

Kedua project terbaru dari Teladan Cinema ini tentunya mendapatkan antusias dari masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, aktor dan aktris yang dipilih pun merupakan orang-orang pilihan, seperti contohnya pasangan dari Hamas Syahid dan istrinya, Marcellia Dwi. Wah, siapa yang nggak tahu dengan halal couple yang satu ini kan?

Nah, kira-kira kalian bisa tebak nggak nih gimana alur cerita dari Film “Cinta yang Halal” dan Webseries “Menghalalkanmu” nanti? Yuk, kita sharing-sharing di kolom komentar ya! Hihi.

Ketika Gaya Hidup Halal Menjadi Bagian dari Tren Masa Kini

Next, berbicara mengenai industri halal media and recreation yang telah berhasil menghadirkan film-film islami inspiratif, tentunya menjadi ketertarikan sendiri bagi masyarakat Indonesia untuk ikut ter-influence dengan gaya hidup halal yang diterapkan di dalamnya.

Gaya Hidup Halal
Gaya Hidup Halal (indahladya.com)

Salah satu halal lifestyle yang sangat memiliki dampak besar dalam keseharian masyarakat Indonesia yaitu halal fashion. Sebagaimana aktor dan aktris yang ditampilkan dengan pakaian muslim dan muslimah, bahkan khususnya pakaian syar’i bagi para aktris pemerannya menjadikan pakaian syar’i ini sendiri sudah bukan hal yang tabu lagi.

Kalian ngerasa nggak sih, dulu menjadi orang yang berhijab di tengah-tengah masyarakat umum mungkin akan menjadi hal yang sedikit tabu, apalagi jika harus menggunakan pakaian yang syar’i. Berbeda dengan sekarang yang justru pakaian syar’i ini telah menjadi bagian dari halal lifestyle masyarakat Indonesia sendiri.

Nah, halal fashion yang sudah menjadi bagian dari halal lifestyle ini sendiri tentunya sedikit banyaknya memerlukan pendukung lainnya seperti halal cosmetics and pharmaceuticals. Iya apa iya nih?

Sayang banget kan misalkan kita udah mulai menerapkan halal fashion dalam gaya hidup halal kita, namun masih menggunakan pendukung fashion yang masih belum terstandardisasi kehalalannya. Ada yang bisa tebak apa produknya? Yap, parfum!

Persepsi Penggunaan Parfum Halal

Parfum Casablanca Halal Mist
Parfum Casablanca Halal Mist (indahladya.com)

Berbicara mengenai parfum, siapa sih kaum hawa yang tidak membutuhkan produk yang satu ini? Sebagai bagian dari halal cosmetics and pharmaceutical, tentunya parfum yang halal juga bisa menjadi pendukung fashion yang oke namun tidak menghilangkan esensi dari gaya hidup halal itu sendiri.

Parfum, sebagaimana hal yang digunakan sebagai wewangian oleh para wanita biasanya digunakan untuk menutupi unpleasant smell atau bau-bau yang tidak sedap agar tidak mengganggu orang-orang di sekitarnya.

Nah, selagi parfum tersebut tidak digunakan secara berlebihan dan hanya digunakan untuk tujuan yang baik, maka parfum halal ini tidak menghilangkan esensi dari gaya hidup halal itu sendiri yang sedang sama-sama kita coba terapkan.

Casablanca Halal Mist

Mengenai halal atau tidaknya suatu parfum, pasti beberapa dari kalian masih suka bingung kan?

“Kira-kira parfum yang ini halal atau nggak nih?”

Nah, kamu nggak perlu khawatir lagi karena kini Majelis Ulama Indonesia (MUI) sudah memberikan sertifikasi halal kepada jenis parfum yang diproduksi oleh industri halal Indonesia itu sendiri, salah satunya Casablanca Halal Mist.

Yap, brand Casablanca ini kini telah mengeluarkan produk parfum halal yang terdiri dari 5 varian agar masyarakat muslim tetap bisa menggunakan parfum tanpa menghilangkan esensi dari gaya hidup halal itu sendiri. Keren banget kan?

Saking penasarannya dengan parfum halal yang satu ini, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba kelima variannya. Kamu pastinya ikut penasaran kan sama aroma-aroma premium dari Casablanca Halal Mist ini? Yuk, langsung kita bahas satu per satu ya!

1. Casablanca Halal Mist Dawn

Casablanca Halal Mist Dawn
Casablanca Halal Mist Dawn (indahladya.com)

Parfum Casablanca dengan varian Dawn ini adalah parfum pertama yang coba. Dan jujur saja ini menjadi parfum terfavoritku dari 4 varian Casablanca Halal Mist yang lainnya. Sesuai dengan namanya, parfum Casablanca Halal Mist Dawn ini identik dengan suasana Fajar, yang mana memberikan aroma-aroma yang terkesan lembut.

Untuk lebih mendeskripsikan aromanya, mungkin aroma yang paling mendominasi dari varian Dawn ini adalah aroma buah-buahan dengan sedikit sentuhan musk, namun dalam versi yang lebih lembut. And so far, this is my first choice to go!

2. Casablanca Halal Mist Sunrise

Casablanca Halal Mist Sunrise
Casablanca Halal Mist Sunrise (indahladya.com)

Next, varian parfum yang aku coba setelahnya yaitu Casablanca Halal Mist Sunrise. And again, sesuai dengan namanya, parfum varian Sunrise ini memang cocok untuk digunakan ketika akan memulai kegiatan di pagi hari.

Aroma floral dan musk yang lebih kuat dibandingkan varian Dawn membuat Casablanca Halal Mist Sunrise ini cocok dengan personality yang sporty, sehingga akan memberikan kesan fresh ketika akan mulai beraktivitas.

3. Casablanca Halal Mist Noon

Casablanca Halal Mist Noon
Casablanca Halal Mist Noon (indahladya.com)

Parfum dengan botol berwarna merah ini adalah parfum yang aku coba selanjutnya. Casablanca Halal Mist Noon ini kurang lebih menghasilkan aroma yang lebih kalem dibandingkan varian Sunrise yang cenderung menghasilkan aroma yang lebih fresh.

Casablannca Halal Mist Noon ini memberikan aroma yang sama lembutnya dengan varian Dawn. Bedanya, pada parfum varian Noon, aroma yang lebih dominan adalah aroma floral-nya. Berbeda dengan Casablanca Halal Mist Dawn yang lebih dominan dengan aroma fruity.

4. Casablanca Halal Mist Twilight

Casablanca Halal Mist Twilight
Casablanca Halal Mist Twilight (indahladya.com)

Next, parfum yang aku coba setelahnya yaitu Casablanca Halal Mist Twilight. Menurutku, aroma parfum ini sangat mendefinisikan namanya sendiri. Twilight, yang berarti senja, di mana matahari sudah mulai turun namun belum betul-betul memasuki malam.

Nah, aroma parfum ini pun demikian. Aroma yang cukup kuat untuk digunakan pada malam hari, namun tetap memberikan kesan lembut dalam setiap spray yang kita gunakan memberikan Casblanca Halal Mist Twilight ini aroma yang spesial. Jadi, kalau kamu merupakan pecinta parfum kalem namun tetap ingin memberikan aroma yang cukup strong pada malam hari, maka parfum ini bisa banget menjadi pilihan yang oke.

5. Casablanca Halal Mist Night

Casablanca Halal Mist Night
Casablanca Halal Mist Night (indahladya.com)

Parfum varian terakhir yang aku coba yaitu Casablanca Halal Mist Night. So far, ini adalah satu-satunya parfum dengan aroma manis dari keempat varian parfum yang lainnya. Dengan aroma parfum khas vanila yang cukup strong membuat parfum ini memiliki aroma yang berbeda. Sesuai dengan namanya, menurutku parfum ini memang cocok untuk digunakan pada malam hari karena aroma yang diberikan lebih strong. 

Nah, kelima varian yang ditawarkan dari Casablanca Halal Mist ini pastinya memiliki esensinya tersendiri, tinggal disesuaikan dengan occasion dan selera parfummu masing-masing. Jadi nggak perlu bingung lagi deh untuk memilih parfum halal yang dapat mendukung halal fashionmu saat ini. Hihi.

Yuk, Jadi Bagian dari Perkembangan Industri Halal Indonesia!

Menjadi negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, membuat Indonesia memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan industri halal yang tengah booming di masyarakat dunia saat ini.

Jika kini Indonesia belum berhasil untuk menjadi 10 peringkat teratas sebagai negara terbesar dalam sektor industri halal food, halal fashion, dan halal media and recreation, bukan tidak mungkin jika nantinya Indonesia dapat menyusul negara-negara lainnya seperti Uni Emirat Arab sebagai negara urutan pertama dalam sektor halal fashion, atau bahkan seperti Thailand yang telah berhasil dikukuhkan sebagai negara yang memiliki dapur halal.

Sebagaimana beberapa sektor yang telah berhasil ditingkatkan oleh masyarakat Indonesia ini sendiri seperti sektor halal cosmetics and pharmaceuticals yang berhasil menjadikan Indonesia dalam urutan ke-8 dunia, atau bahkan dalam sektor halal travel di mana Indonesia berhasil menduduki urutan ke-4 di dunia.

Dalam hal ini, dukungan dan apresiasi masyarakat Indonesia tentunya menjadi hal yang sangat penting dalam perkembangan industri halal Indonesia ini sendiri. Dengan hadirnya beberapa produsen film syariah sebagai bagian dari industri halal media and recreation atau bahkan beberapa produk parfum halal ini sendiri diharapkan mampu menjadi pelopor peningkatan industri halal Indonesia terutama di bidang media dan kosmetik agar dapat menyusul negara lainnya untuk menduduki peringkat teratas dunia.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, jadi bagian dari perkembangan industri halal Indonesia! Saatnya beralih ke produk halal untuk gaya hidup yang halal.

 

Referensi:

Badan Pusat Statistik

Faried, A.I. 2019, Implementasi Model Pengembangan Industri Halal Fashion di Indonesia, Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik, 4(2): 9-19.

Global Islamic Economic Report

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates