Kamis, September 7

modifikasi-makanan-tradisional-kekinian
Modifikasi Makanan Tradisional Kekinian (indahladya.com)

“Apa yang ada di benakmu pertama kali ketika mendengar Jajanan khas Jogja?”

Bakpia Pathok? Gudeg? Atau bahkan Tiwul?

Dari berbagai makanan tradisional khas Jogja yang sering kita dengar, mungkin bagi sebagian besar orang belum terlalu mengenal jajanan khas Jogja yang satu ini, Sagon Bakar.

Sagon bakar merupakan makanan olahan yang terbuat dari bahan dasar kelapa. Sagon bakar ini dibuat dengan cara mengadon parutan kelapa, ketan, dan gula pasir untuk kemudian dicetak menggunakan cetakan khusus lalu dipanggang dengan arang.

Modifikasi Makanan Tradisional Menjadi Jajanan Kekinian

Makin gencarnya modifikasi makanan tradisional, membuat beberapa orang berhasil memperkenalkan kembali jajanan tradisional dengan cita rasa yang lebih kekinian. Contohnya yaitu martabak manis.

Siapa sih yang tidak suka sama jajanan manis yang satu ini? Martabak yang dulu dikenal sebagai adonan tepung terigu yang ditambah dengan toping wijen, kini sudah dimodifikasi dengan lebih kekinian dengan menambahkan berbagai variasi, seperti matcha, oreo, nutella atau bahkan green tea.

Baca Juga: 5 Resep Andalan Saat Ramadhan, Bisa Jadi Inspirasi Menu Buka Puasa nih!

Atau contoh lain yang juga sering kita temui sehari-hari yaitu Crepes. Udah pada tahu belom kalau Crepes ini sebenarnya hasil modifikasi makanan tradisional khas Solo, yaitu Lekker. Crepes, cemilan dengan rasa yang unik dan tekstur yang renyah ini seringkali kita temui di mall dengan berbagai brand.

Tidak jauh berbeda dengan Lekker, Crepes ini merupakan adonan tipis yang terbuat dari gandum kemudian dilipat berbentuk segitiga. Bedanya, Crepes kini sudah dimodifikasi dengan lebih kekinian dengan menambah cita rasanya, sebagaimana martabak manis tadi.

Kebayang gak sih gimana kalau Sagon Bakar dibuat dengan rasa Mocha atau Green Tea? Yap, ternyata beneran ada loh!

sagon-bakar-jajanan-kekinian
Sagon Bakar, Cemilan Jadul Rasa Kekinian (indahladya.com)

Sebagaimana martabak manis maupun crepes yang dihadirkan kembali menjadi jajanan dengan cita rasa kekinian, Sagon Bakar, yang selama ini dikenal dengan rasa original khas adonan parutan kelapa yang dipanggang, ternyata kini juga berhasil dimodifikasi oleh beberapa orang dengan menambah variasi dan cita rasanya.

Hasil Inovasi Makanan Tradisional yang Menjadi Trend Bisnis Kekinian

Maraknya kreativitas masyarakat Indonesia dalam memanfatkan tren yang ada, berhasil membuat beberapa pelaku UMKM untuk terus berinovasi dalam berbisnis. Makanan tradisional yang mungkin saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa orang, ternyata bisa menjadi bisnis yang menjanjikan jika diolah dengan mengikuti tren bisnis masa kini.

Sebagaimana dikutip dari beranda.co.id, Sagon Bakar Bu Irma berhasil menembus pasar hingga ke Jerman dan Australia berkat hasil inovasinya menambahkan cita rasa kekinian yang mudah diterima oleh lidah semua kalangan, dari anak-anak hingga dewasa.

Baca Juga: 5 Makanan Khas Lebaran di Palembang, Bikin Kangen Kampung Halaman

Sagon Bakar Bu Irma yang menjadi cemilan jadul dengan rasa kekinian ini berhasil meningkatkan minat masyarakat Indonesia untuk kembali mencoba menikmati makanan tradisional Indonesia khas Jogja ini.

Siapa sangka bahwa berbisnis dengan memodifikasi makanan tradisional yang katanya sudah tak menjanjikan ini lagi, ternyata justru bisa menghasilkan keuntungan yang berlipat ganda jika kita menambahkan inovasi dan tetap beradaptasi sesuai tren dan perkembangan zaman.

tren-bisnis-jajanan-kekinian
Tren Bisnis UMKM yang Kekinian (indahladya.com)

Dari cerita pelaku UMKM yang sukses menjual makanan tradisional Sagon Bakar menjadi bisnis yang menjanjikan ini, tentunya mengingatkan kita untuk dapat menambah inspiriasi dan meng-update tren bisnis masa kini. Nah, untuk terus mengupdate tren dan berita terkini, beranda.co.id dapat menjadi salah satu website yang cocok untukmu saat ini.

Jadi gimana, tertarik untuk berbinis dengan memodifikasi makanan tradisional kekinian juga? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates