Sabtu, Oktober 28

belajar-olahraga-panahan
Belajar Olahraga Panahan (indahladya.com)

Belakangan ini, olahraga panahan menjadi salah satu jenis olahraga yang diminati oleh banyak orang dari berbagai kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Tingginya minat masyarakat untuk mencoba belajar olahraga panahan membuat beberapa tempat wisata membuka wahana khusus yang menarik perhatian.

Salah satu tempat wisata yang menyediakan wahana berkuda, kini juga menyediakan sarana untuk belajar olahraga panahan yang dapat dicoba mulai dari anak-anak hingga dewasa, yaitu Branchsto Equestrian Park BSD.

Kenapa Harus Belajar Olahraga Panahan?

Sebelum mencari tahu lebih dalam mengenai tempat wisata memanah ini, udah pada tahu belum nih, kenapa sih kita harus belajar olahraga panahan?

manfaat-belajar-olahraga-panahan
Manfaat Belajar Olahraga Panahan (indahladya.com)

1. Melatih Konsentrasi

Dalam belajar olahraga panahan, kita dituntut untuk bisa berkonsentrasi serta meningkatkan koordinasi mata dan tangan. Sebagai seorang pemanah, kita berlatih agar tangan dapat membidik anak panah sesuai target sasaran yang kita lihat.

2. Menaikkan Massa Otot

Selain melatih konsentrasi, belajar olahraga panahan juga bisa menaikkan massa otot. Ketika memanah, kita menjaga ketegangan otot lengan, dada, dan bahu hingga pada akhirnya berhasil melepaskan anah panah sesuai sasaran. Ketika dilakukan secara berulang, memanah dapat membuat kita meningkatkan kekuatan tubuh secara keseluruhan dan meningkatkan massa otot.

3. Membakar Kalori

Seperti olahraga pada umumnya, olahraga panahan juga tentunya dapat membakar kalori selama proses berlatih. Meskipun terlihat sederhana, memanah dapat membakar 100-150 kalori per 30 menit setiap kali berlatih atau bertanding (sehatq.com).

Baca Juga: 5 Tips Berolahraga Saat Puasa, Masih Tetap Bisa Kok!

Persiapan Belajar Olahraga Panahan Bagi Pemula

“Apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk mulai belajar olahraga panahan?”

Nah, kalau udah mulai tertarik untuk mencoba belajar olahraga panahan, sebaiknya apa aja ya yang harus dipersiapkan?

1. Mempersiapkan Peralatan Memanah

Sebelum memulai belajar olahraga panahan, sebaiknya kamu mempersiapkan peralatan dasar memanah terlebih dahulu. Tiga peralatan dasar dalam memanah ini yaitu busur panah, anak panah, dan target. Ketiga peralatan dasar ini sebenarnya tidak perlu langsung kamu beli secara mandiri, kamu bisa menyewa peralatan-peralatan memanah ini di beberapa tempat yang menyediakan.

2. Berlatih Posisi Memanah

Saat ini, sudah sangat banyak beberapa artikel dan video Youtube yang memberikan informasi mengenai teknik dasar dalam belajar olahraga panahan, salah satunya sikap dan posisi yang diperlukan ketika memanah.

Kamu bisa mulai melatih beberapa otot yang nantinya akan sangat terpakai selama proses belajar memanah, seperti otot lengan, dada, dan bahu. Kamu juga bisa berlatih berkonsentrasi dan menjaga keseimbangan untuk mempermudah proses belajar memanah nantinya.

3. Menentukan Lokasi Belajar Olahraga Panahan

Setelah mempersiapkan diri dan peralatan dasar dalam memanah, tentunya kamu perlu menentukan lokasi belajar olahraga panahan yang tepat. Saat ini, beberapa tempat wisata telah menyediakan wahana belajar memanah.

Poin plusnya, jika kamu berlatih di tempat wisata, biasanya di lokasi tersebut sudah tersedia juga peralatan-peralatan dasar untuk memanah. Itulah mengapa kamu tidak perlu langsung membeli semua peralatan memanah, karena kamu bisa menyewanya terlebih dahulu selama proses belajar olahraga panahan.

Kalau udah mulai jago nanti, boleh deh nih satu demi satu dicicil peralatan memanah sendirinya, hihi.

perlengkapan-belajar-olahraga-panahan
Perlengkapan Belajar  Olahraga Panahan (indahladya.com)

Belajar Olahraga Panahan di Branchsto Equestrian Park BSD

Salah satu tempat wisata yang saat ini menyediakan wahana untuk belajar olahraga panahan, yaitu Branchsto Equestrian Park BSD. Tempat wisata ini dulunya dikenal sebagai tempat berlatih berkuda.

Namun, dengan tingginya minat masyarakat untuk belajar olahraga panahan, kini Branchsto Equestrian Park BSD membuka wahana khusus untuk belajar memanah, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Ketika belajar memanah di Branchsto ini, kamu akan dipandu oleh instruktur pemanahnya langsung, jadi tidak perlu khawatir jika kamu belum pernah belajar memanah sebelumnya.

Jadi gimana, tertarik untuk menghabiskan waktu liburanmu dengan belajar olahraga panahan ini? Yuk, sharing sama aku di kolom komentar ya!

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates