Sunday, September 26

Mencukupi Kebutuhan Vitamin D3
Mencukupi Kebutuhan Vitamin D3 (indahladya.com)

Mencukupi kebutuhan vitamin D3 sudah menjadi salah satu hal yang menjadi concern utama masyarakat Indonesia di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebagaimana vitamin D3 yang kini juga termasuk ke dalam regimen terapi dalam penanganan kasus Covid-19 di Indonesia. 

Namun, kamu tahu nggak sih? Ternyata vitamin D3 ini tidak hanya efektif untuk mengurangi risiko Covid-19, namun juga memiliki banyak manfaat lainnya. Beberapa manfaat vitamin D3 di antaranya, yaitu membantu tubuh menyerap kalsium dan fosfor yang penting untuk menjaga tulang yang kuat.

Selain itu, vitamin D3 juga kerap kali digunakan untuk mengobati gangguan tertentu seperti hipoparatiroidisme, pseudohipoparatrioidisme, dan hypophopatemia yang menyebabkan rendahnya tingkat kalsium atau fosfat. Nah, jadi vitamin D3 ini tidak hanya dimanfaatkan untuk menjaga imunitas tubuh saja loh, jangan sampai salah lagi ya! Hihi.

Sumber Vitamin D3

Sumber Vitamin D3
Sumber Vitamin D3 (indahladya.com)

Setelah tahu manfaat dari vitamin D3, kamu pastinya penasaran kan, “dari mana aja sih sumber vitamin D3 ini bisa kita dapatkan?”.

Vitamin D3 (kolekalsiferol), sebenarnya diproduksi secara alami oleh tubuh manusia dalam bentuk vitamin D kemudian diaktifkan oleh hormon paratiroid. Namun, selain diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, vitamin D3 juga bisa didapatkan dari sumber makanan tertentu, salah satunya yaitu ikan laut (salmon, tuna, dan tongkol), minyak ikan dan minyak hati ikan kod, telur, susu dan olahannya, hati sapi, serta sereal atau jus buah yang diperkaya vitamin D3 (alodokter.com).

Bisakah Kita Mencukupi Kebutuhan Vitamin D3 Hanya dengan Berjemur?

Kebutuhan Vitamin D3
Kebutuhan Vitamin D3 (indahladya.com)

Nah, biasanya pertanyaan yang akan muncul setelahnya adalah “bisa nggak sih kita mencukupi kebutuhan vitamin D3 hanya dengan berjemur?”, sebagaimana beberapa artikel yang menyatakan bahwa sinar matahari turut berperan penting dalam mengaktifasi vitamin D menjadi bentuk aktif yang dibutuhkan oleh tubuh.

Menurut jurnal Medula 2019, sumber yang berasal dari dalam tubuh vitamin D berasal dari 7-dehidrosilase yang berada di lapisan epidermis dan dermis yang akan bertransformasi menjadi bentuk vitamin D aktif yang disebabkan oleh radiasi sinar UVB.

Baca Juga: Mengapa Ada Obat yang diberikan Sebelum atau Sesudah Makan?

Nah, suplemen dan sumber makanan yang mengandung vitamin D adalah dalam bentuk inaktif, jadi sinar matahari tetap memiliki peran penting untuk mengaktifasi vitamin D agar menjadi bentuk aktif yang dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, akan menjadi kombinasi yang baik ketika kita mengonsumsi vitamin D dan kemudian kita juga berjemur, nggak cuma salah satu aja ya! Hihi.

Pentingnya Suplemen Vitamin D3 dalam Menjaga Imunitas Tubuh

Mengingat bahwa imunitas tubuh merupakan hal yang penting untuk dijaga selama pandemi Covid-19 saat ini, maka suplemen vitamin D3 dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjaga imunitas tubuh kita, apalagi untuk beberapa orang yang tidak mendapatkan cukup asupan vitamin D, baik dari sinar matahari maupun sumber makanan lainnya.

Berapa Dosis yang Tepat untuk Mencukupi Kebutuhan Vitamin D3?

Dosis Vitamin D3
Dosis Vitamin D3 yang Tepat (indahladya.com)

Saat ini, sudah begitu banyak suplemen vitamin D3 yang dijual oleh beberapa apotek dan toko online vitamin, mulai dari vitamin D3 1000 IU, 5000 IU, dan juga 400 IU. Nah, siapa nih yang masih suka bingung sama dosis harian vitamin D3 sebagai suplemen kesehatan?

Jadi, ketika kita akan mengonsumsi vitamin D3 sebagai suplemen kesehatan, maka dosis yang dibutuhkan cukup 400-1000 IU/hari, sedangkan ketika vitamin D3 ini digunakan sebagai obat, yaitu orang-orang yang sedang berada di masa infeksi bisa mengonsumsi vitamin D3 1000-5000 IU/hari, yang tentunya membutuhkan saran dari dokter yang bersangkutan.

Vitamin D3 1000 IU
Vitamin D3 1000 IU (sumber foto: pyfahealth.com)

Nah, apabila kamu khawatir akan tercukupi atau tidaknya kebutuhan vitamin D3 mu saat ini, kamu juga bisa melakukan skrining rutin untuk mencegah terjadinya defisiensi vitamin D yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga: Aturan Penggunaan Air Putih untuk Mengonsumsi Obat

Dengan cara ini, tentunya kamu bisa semakin yakin bahwa vitamin D3 yang kamu konsumsi saat ini dapat mencukupi kebutuhan harian tubuhmu dengan saran dari dokter. Nah, jadi gimana? Sudahkah kamu mencukupi kebutuhan vitamin D3 mu saat ini? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar ya!

 

Referensi:

Alodokter.com

Fiannisa, R. 2019, Vitamin D sebagai Pencegahan Penyakit Degeneratif hingga Keganasan: Review Artikel, Medula, 9(3): 385.

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates