Monday, June 28

 

Produktif Bersama ASUS 15 A516
Produktif Bersama ASUS 15 A516 (indahladya.com)

“Astaga, laptop ngadat lagi nih, padahal deadline nya udah mepet banget!”

Nah, siapa nih yang sering mengalami hal demikian? Kalau aku sih kayaknya udah sering banget ya, haha.

Jujur saja, semenjak memasuki era pandemi saat ini, permasalahanku sebagai mahasiswa nampaknya tidak pernah jauh dari koneksi dan kecepatan laptop yang sering bikin aku berulang kali menghela nafas.

Pandemi memang telah membuat siapa saja mau tak mau harus bisa beradaptasi dengan semua perubahan yang terjadi, salah satunya yaitu sistem pembelajaran jarak jauh a.k.a kuliah online.

Dilema Mahasiswa dan Kuliah Online

Mahasiswa dan Kuliah Online
Mahasiswa dan Kuliah Online (indahladya.com)

Sebenarnya aku merasa cukup beruntung karena selama kuliah S1 kemarin, aku hanya perlu merasakan sidang secara online, karena semua mata kuliah telah berhasil aku ambil sebelum pandemi tiba.

Namun, tidak cukup sampai disitu. Sebagai seorang mahasiswa farmasi, aku perlu melanjutkan studi ke tahap yang berikutnya, yaitu studi profesi apoteker. Kamu pasti sudah tahu kemana arah jalan cerita ini berjalan kan? Yap, ini adalah permulaan dimana aku pada akhirnya turut merasakan keresahan mahasiswa yang berkutat dengan sistem kuliah online ini.

Laptop Ngadat Bikin Semua Terhambat

Pertama-tama aku perkenalkan dengan musuh utamaku selama perkuliahan online, yap semua permasalahan seputar nge-lag, error, ngadat, dan lain sebagainya adalah hal yang seolah menjadi permasalahanku sehari-hari.

Andai aku punya laptop yang bisa membuatku bebas was-wis tanpa loading, sepertinya waktuku tidak akan banyak terbuang untuk menanti waktu tunggu ketika berpindah dan membuka satu file ke file yang lainnya.

Baterai yang Cepat Drop

Next, sobat mahasiswa lainnya juga pasti merasakan keresahan yang sama. Meskipun saat ini pembelajaran dilakukan secara online dari rumah, namun daya baterai dari sebuah laptop tetap jadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan sih.

Bagaimana pun, laptop dengan ketahanan daya baterai yang baik, akan menambah kenyamanan dan mobilitas penggunanya.

Kita pasti pernah deh ngerasain pengin ganti suasana belajar, misalkan dari yang biasanya duduk di meja belajar aja jadi pengin pindah ke ruang tamu. Yap, sebagaimana online life di tengah pandemi, kalau mau ganti suasana cukup muter-muter di sekitar rumah aja ya kan? Hihi.

Nah, terkadang buat ganti ruangan aja udah ribet mikirin dimana ya spot yang “colokan-friendly”. Karena memang gak semua laptop bisa tahan untuk 5-6 jam ke depan tanpa perlu di-charge. Kebayang kan gimana kalau daya baterai laptopnya gak mumpuni?

Ketika Smartphone Tidak Menjadi Solusi

Dulu sempet kepikiran juga sih, kenapa gak pakai smartphone aja ya biar lebih praktis? Eits, ternyata tidak semudah itu. Meskipun mobilitas yang ditawarkan dari smartphone ini cukup menjanjikan, namun dengan layar yang terlalu kecil bisa mengganggu konsentrasi kita selama perkuliahan online berlangsung.

Sebagaimana kuliah online yang biasanya berhubungan erat dengan sistem presentasi menggunakan power point, apabila layar yang kita miliki terlalu kecil justru akan mengganggu penglihatan kita ketika mencoba memahami beberapa detail ataupun font tulisan yang terkadang tidak terlalu besar.

Tingkatkan Produktivitas dengan Memilih “Alat Perang” yang Mumpuni

Nah, kalau udah dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan di atas tadi, biasanya produktivitas kita bisa jadi ikut dipertanyakan ya, haha. Terkadang udah niat setting goals ini itu untuk dikerjakan di hari yang sama, eh malah kepentok sama permasalahan seputar device yang kita gunakan. Sayang banget kan?

So, sampai di sini bisa kita simpulkan bahwa “alat perang” yang kita gunakan juga akan sangat berpengaruh dengan produktivitas kita selama perkuliahan online saat ini.

Namun, kamu nggak perlu khawatir karena di sini aku akan berbagi tips memilih “alat perang” a.k.a laptop yang sesuai untuk dapat meningkatkan produktivitasmu sebagai mahasiswa di tengah pandemi saat ini.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba :

1. Pertimbangkan Storage (Penyimpanan)

Salah satu hal utama yang aku pertimbangkan ketika memilih sebuah laptop, yaitu storage atau penyimpanannya. Karena dengan sistem yang serba online dan digital ini, kita pasti akan dituntut untuk mengerjakan tugas secara online.

Nah, kamu gak mau kan kalau tiba-tiba laptopmu harus ngadat karena penyimpanannya yang udah mulai penuh? Terlebih lagi ketika kamu gak punya banyak waktu untuk mensortir satu per satu file lamamu agar mendapatkan penyimpanan yang lebih lega.

2. Pre-Installed Operating System

Next, pre-installed operating system juga bisa menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan. Karena dengan sistem operasi resmi ini kamu akan terhindar dari pembajakan aplikasi berbahaya oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Selain itu, dengan pre-installed operating system ini juga berarti laptop yang kamu pilih telah otomatis terpasang sistem operasi resmi yang sesuai. Nah, jadi kamu bisa langsung menggunakan laptop tersebut tepat setelah kamu membelinya tanpa harus ribet mikirin cara memasangnya.

3. Pilih Baterai yang Tahan Lama

Sebagaimana hal yang sudah aku jelaskan sebelumnya, baterai merupakan salah satu hal yang penting ketika akan memilih sebuah laptop. Apalagi jika kamu memiliki waktu kuliah online di atas 5-6 jam. Wah, kalau daya baterai laptopnya gak tahan lama, bisa jadi ribet bolak-balik nge-charge aja ya kan?

4. Make it Comfortable with a Wider Screen

Di era digital saat ini, kualitas dan lebarnya layar laptop tentunya menjadi salah satu hal yang perlu kamu pertimbangkan. Karena dengan layar laptop yang lebih lebar, kamu bisa menjadi lebih bebas untuk bereksplorasi.

Selain itu, layar laptop yang lebih lebar juga berpengaruh terhadap konsentrasimu selama perkuliahan online berlansung. Karena kamu nggak perlu khawatir lagi dengan detail ataupun font tulisan yang biasanya tidak begitu terlihat dan terbaca jelas pada device dengan layar yang tidak terlalu lebar.

5. Ringan dan Stylish

Last but not least, keringanan dari sebuah laptop juga menjadi salah satu concern bagiku. Karena kita pasti gak mau kan punya laptop dengan spesifikasi yang keren tapi justru jadi berat banget buat dibawa-bawa.

Selain dilihat dari beratnya, aku juga biasanya memastikan bahwa desain dari laptop ini cukup stylish, baik dari segi warna maupun ukuran. Karena desain laptop yang sesuai akan membuat kita menjadi lebih percaya diri. Setuju gak nih?

ASUS VivoBook 15 A516, Menunjang Produktivitasmu Selama Kuliah Online

Nah, setelah tahu spesifikasi seperti apa yang dibutuhkan selama kuliah online. Aku bakal memperkenalkan salah satu laptop yang sesuai banget untuk melengkapi “alat perang” mahasiswa di era pandemi sepertiku saat ini. Udah siap belum nih?

Yap, ASUS VivoBook 15 A516! Udah gak heran lagi, ASUS emang selalu berani mengeksplorasi untuk memberikan satisfication bagi para penggunanya. Supaya gak makin berlama-lama lagi, yuk langsung simak spesifikasi dari ASUS VivoBook 15 A516 berikut ini ya!

1. Cepat dan Efisien

Dengan prosesor Intel® Core™ i5 generasi ke-10 dan grafis diskrit NVIDIA® MX330, ASUS VivoBook 15 A516 bisa membantu para penggunanya untuk menyelesaikan tugas dengan lebih cepat dan efisien.

Salah satu hal yang benar-benar dibutuhkan dari sebuah laptop di era digital ini yaitu laptop yang anti ngadat dan anti lemot. Nah, ASUS VivoBook 15 A516 ini bisa banget menjadi jawaban atas kebutuhan tersebut, karena selain dilengkapi dengan prosesor cepat serta generasi baru dari intel, laptop ini juga memiliki desain ruang penyimpanan ganda yang dapat memberikan keunggulan kinerja data supercepat dan kapasitas penyimpanan yang besar.

2. Stylish & Portable

ASUS Stylish dan Portable
Stylish dan Portable (indahladya.com)

Dengan bobot keseluruhan hanya 1,8 kg, ASUS VivoBook 15 A516 ini termasuk laptop yang sangat ringan dan portable untuk melengkapi gaya hidup mahasiswa kekinian di era digital saat ini.

Selain itu, pilihan warna yang ditawarkan dari ASUS VivoBook 15 A516 ini juga gak kalah keren loh. Kita bisa memilih dua varian warna yang ditawarkan, yaitu Slate Grey atau Transparent Silver.

3. Wider Screen

ASUS Wider Screen
Wider Screen (indahladya.com)

Layar NanoEdge memberi ASUS VivoBook 15 A516 area layar yang luas untuk pengalaman yang imersif untuk bekerja dan bermain. Pilihan panel hingga resolusi Full HD dengan sudut pandang lebar memiliki lapisan anti-silau untuk mengurangi gangguan yang tidak diinginkan dari pantulan dan silau yang mengganggu.

Terkadang suka sebel kan ketika lagi kuliah online via zoom/google meet eh malah silau karena terkena pantulan sinar matahari. Nah, dengan ASUS VivoBook 15 A516 ini, kita gak perlu khawatir lagi karena layarnya sudah dilengkapi dengan lapisan anti-silau tersebut. Jadi, gak bakal menganggu konsentrasi meskipun harus belajar saat di tempat yang silau.

4. Fingerprint Sensor

Mengakses ASUS VivoBook 15 A516 tidak pernah semudah atau seaman ini! Dengan sensor sidik jari bawaan di touchpad dan Windows Hello, sehingga para penggunanya tidak perlu mengetikkan kata sandi secara manual lagi. Wah, jadi lebih praktis kan?

5. Keyboard Full Size dengan Backlit

Keyboard dengan Backlit
Keyboard Full Size dengan Backlit (indahladya.com)

Keyboard full-size dengan backlit pada ASUS VivoBook 15 A516 sempurna untuk bekerja di lingkungan yang minim cahaya. Didesain secara ergonomis, konstruksi satu bagian yang kokoh dan key travel 1,4 mm memberikan pengalaman mengetik yang nyaman.

Untuk sebagian orang yang mungkin lebih nyaman untuk mengetik saat malam hari, backlit pada keyboard ASUS VivoBook 15 A516 ini cocok banget untuk menunjang pekerjaan tersebut. Karena ASUS VivoBook 15 A516 ini memang didesain agar penggunanya tetap nyaman untuk mengetik di lingkungan yang minim cahaya.

6. Konektivitas

ASUS Konektivitas
Konektivitas Canggih (indahladya.com)

Demi menunjang sistem perkuliahan secara online ini, ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi dengan port USB-C® 3.2, yang didesain dapat diputar balik yang membuat menghubungkan perangkat semudah mungkin. Ini juga memberikan kecepatan transfer data hingga 10x lebih cepat dari koneksi USB 2.0 yang lebih lama!

Ini juga mencakup port USB 3.2 Tipe-A dan USB 2.0, output HDMI, dan microSD reader - sehingga para penggunanya dapat dengan mudah menghubungkan semua periferal, layar, dan proyektornya saat ini.

7. Perlindungan Tambahan

Laptop dengan HDD biasanya lebih rentan dengan kerusakan fisik dibandingkan dengan SSD. Namun, HDD pada ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi dengan fitur peredam getaran HDD E-A-R untuk melindungi data pengguna dari setiap benturan.

Nah, jadi kita gak perlu ragu dan khawatir lagi karena fitur dari ASUS yang satu ini secara efektif mengurangi kerusakan HDD meskipun penggunanya mengoperasikan laptop saat sedang dalam kendaraan.

8. Link to MyASUS

Selain berbagai kelebihan di atas, ASUS VivoBook 15 A516 ini juga telah didukung dengan MyASUS. MyASUS ini sendiri merupakan aplikasi ASUS yang terdiri dari berbagai macam fitur dan fungsi yang dapat mengoptimalkan kemampuan laptopnya.

Salah satu fitur canggih yang ditawarkan yaitu Link to MyASUS. Link to MyASUS memungkinkan para penggunanya untuk menghubungkan laptop dengan perangkat seluler untuk menciptakan pengalaman terintegrasi.

Dengan menggunakan Link to MyASUS, penggunanya dapat memulai atau menerima panggilan melalui speaker dan mikrofon laptop, mengirim dan menerima pesan teks, akses ke kontak, mendapatkan notifikasi seluler di laptop, berbagi file atau URL satu sama lain, dan menampilkan layar perangkat seluler ke laptop.

9. Dilengkapi Microsoft Office 2019

Microsoft Office merupakan software atau program di laptop yang paling sering digunakan, terutama untuk membuat dokumen (Microsoft Word), presentasi (Microsoft Power Point), dan analisis data (Microsoft Excel). Kabar baiknya, ASUS VivoBook 15 A516 telah dilengkapi dengan Microsoft Office 2019 Home and Student versi penuh secara pre-installed.

Nah, pas banget kan untuk mahasiswa pejuang kuliah online sepertiku saat ini? Dengan sistem perkuliahan secara online, ketiga program yang telah disebutkan di atas tadi tentunya akan sangat bermanfaat untuk mendukung pembelajaran jarak jauh.

Dikarenakan Microsoft Office 2019 Home and Student ini telah tersedia secara pre-installed, maka hal ini akan lebih mempermudah bagi mahasiswa pejuang online sepertiku agar bisa segera menggunakan program tersebut tanpa harus bingung memikirkan cara pemasangannya. Lebih efisien kan ya?

Spesifikasi Lengkap ASUS VivoBook 15 A516

Color Slate Grey
Peacock Blue
Operating System Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Processor Intel® Core™ i3-1005G1 Processor 1.2 GHz (4M Cache, up to 3.4 GHz)
Intel® Core™ i5-1035G1 Processor 1.0 GHz (6M Cache, up to 3.6 GHz)
Intel® Celeron® N4020 Processor 1.1 GHz (4M Cache, up to 2.8 GHz)
Graphics NVIDIA® GeForce® MX330,2GB GDDR5
Intel® UHD Graphics 600
Display 15.6-inch,HD (1366 x 768) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,Anti-glare display,LED Backlit,200nits,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
15.6-inch,FHD (1920 x 1080) 16:9,IPS-level Panel,Anti-glare display,LED Backlit,NTSC: 45%,Screen-to-body ratio: 83 %
Memory 4GB DDR3 on board
4GB DDR3 on board,4GB DDR4 SO-DIMM
8GB DDR3 on board
4GB DDR4 SO-DIMM ,Memory Max Up to:12GB
Storage 1TB SATA 5400RPM 2.5" HDD,256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
256GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
I/O Ports 1x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 1 Type-C
2x USB 2.0 Type-A
1x HDMI 1.4
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader (on selected model)
Expansion Slots (includes used) 1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0x2
1x STD 2.5” SATA HDD
Keyboard & Touchpad Backlit Chiclet Keyboard with Num-key
Camera VGA camera
Audio SonicMaster
Audio by ICEpower®
Built-in speaker
Built-in microphone
with Cortana support
Network and Communication Wi-Fi 5(802.11ac)+Bluetooth 4.1 (Dual band) 1*1
Battery 37WHrs, 2S1P, 2-cell Li-ion
Power Supply ø4.0, 45W AC Adapter, Output: 19V DC, 2.37A, 45W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.0, 33W AC Adapter, Output: 19V DC, 1.75A, 33W, Input: 100-240V AC 50/60Hz universal
Weight 1.80 kg (3.97 lbs)
Dimensions
(W x D x H)
36.02 x 23.49 x 1.99 ~ 1.99 cm (14.18" x 9.25" x 0.78" ~ 0.78")
DBuilt-in Apps McAfee
MyASUS
MyASUS Features AppDeals
System diagnosis
Battery health charging
Splendid
Tru2Life
Function key lock
Smart WiFi
Link to MyASUS
Microsoft Office Office Home and Student 2019 included
Regulatory Compliance Energy star
Security BIOS Booting User Password Protection
Trusted Platform Module (Firmware TPM)
McAfee LiveSafe™ 30-day trial
Fingerprint sensor intergrated with Touchpad
Security Lock
Included in the Box Backpack
Dengan spesifikasi super lengkap tersebut, udah gak heran lagi kalau ASUS VivoBook 15 A516 benar-benar berhasil menarik perhatian mahasiswa pejuang kuliah online sepertiku. Sebagaimana yang telah disebutkan bahwa:

“Komputer masa kini memiliki tampilan berbeda karena mereka memang berbeda. Dengan solid-state drive (SSD) dan teknologi terkini, Anda mendapatkan kecepatan, keamanan, ketahanan, dan desain yang cantik. Kami telah melakukan jajak pendapat, dan hasilnya, orang-orang lebih senang saat bepergian dengan PC modern.”

“Laptop dengan prosesor Intel® Core™ 10th Gen series ke atas didesain untuk performa dan mobilitas. Dengan efisiensi yang tinggi serta dimensi thin and light, laptop menawarkan peningkatan performa dan produktivitas untuk penggunanya. Konektivitas WiFi generasi terbaru juga memungkinkan transfer data 3x lebih cepat dibanding generasi sebelumnya.

Nikmati semua manfaat dengan PC yang lengkap – PC sudah termasuk Office Home & Student 2019. Aplikasi Office versi lengkap (Word, Excel dan PowerPoint) memberikan semua fungsi yang dibutuhkan dan diharapkan oleh penggunanya. Penggunaan aplikasi Office seumur hidup dapat memastikan Anda untuk selalu memiliki akses ke fitur yang Anda kenal dan sukai. Dilengkapi dengan 100% aplikasi Office asli, software juga akan terus mendapatkan pembaruan keamanan yang rutin untuk melindungi perangkat, program dan data Anda.”

Lebih Produktif Bersama ASUS VivoBook 15 A516, Bigger Dream Wider Screen

Bigger Dream Wider Screen
Bigger Dream Wider Screen (indahladya.com)

Menjadi seorang mahasiswa yang produktif di tengah pandemi saat ini mungkin menjadi salah satu tantangan terbesar. Terlebih lagi dengan gaya hidup yang serba cepat, mendorong kita untuk bisa beradaptasi dengan semua perubahan yang ada.

Namun, bukan berarti hal tersebut tidak mungkin untuk diwujudkan. Sebagaimana aku yang hingga saat ini tengah mengusahakan yang terbaik dengan mempersiapkan “alat perang” sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang terbaik pula.

Seseorang pernah berkata, sebuah kenyataan yang hebat dimulai dari mimpi yang besar. Dan dari sanalah semua mimpi dan tekadku berangkat untuk menjadi seorang mahasiswa yang bangga dengan semua keistimewaan yang dunia hadiahkan padaku.

Berani bermimpi berarti berani untuk mencoba menggapainya. Dan aku percaya bahwa ASUS VivoBook 15 A516 ini bisa membantuku untuk menggapai mimpi tersebut. Karena mimpi dan usaha inilah yang kelak menjadi pengingatku untuk terus berusaha menjadi versi terbaik dari diriku yang dapat aku banggakan nantinya.

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS - 15 Inch Modern PC. Bigger Dream, Wider Screen Writing Competition bersama dewirieka.com

Referensi : https://www.asus.com/id/Laptops/For-Home/Everyday-use/A516/ 

1 comments:

  1. Muhammad Amir Hamzah29/6/21 18:12

    Sangat bermanfaat dan kompatibel untuk teman-teman yang sedang sekolah/kuliah online.

    ReplyDelete

Everything About Ladya . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates